Cara Memahami Pelajaran Matematika dengan Baik

Pelajaran Matematika menurut banyak orang terutama para siswa adalah pelajaran yang paling susah untuk dipahami, dimengerti dan dikerjakan soalnya. Padahal, jika kita pahami semua konsep-konsep dasar dalam matematika, pasti akan lebih mengerti pelajarannya. Karena ilmu matematika adalah ilmu yang pasti, yang tidak akan bisa berubah dengan sendirinya ataupun diubah. Banyak sekali orang yang merasa kesulitan belajar matematika. Pemikiran bahwa matematika itu susah sudah menyebar kemana-mana. Matematika diakui adalah pelajaran yang paling sulit, namun apabila kita mengerti dengan prinsip-prinsipnya, maka kita akan bisa belajar matematika dengan baik.
            Untuk menguasai materi terutama banyak rumus yang harus dihafal pada mata pelajaran matematika memang tidak mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat digunakan agar kita dapat cepat menguasai materi pelajaran matematika. Disini, kita akan membahas cara cepat untuk menguasai pelajaran matematika. Terdapat 7 cara cepat yang akan kita bahas disini, yaitu
1.      Kenali dan Pahami
Maksudnya kita harus melihat dulu apa yang diinginkan soal-soal dan setelah itu harus kita pahami. Kalau tidak mengerti, beranilah bertanya kepada guru atau teman sekelas yang mengerti tentang materinya. Ingat bertanya itu bukan berarti kita bodoh, jadi jangan malu untuk bertanya.
2.      Jangan takut salah
Saat kalian disuruh mengerjakan soal-soal matematika, kerjakanlah sesuai apa yang kalian tahu. Jangan menunggu teman lain mengerjakannya terlebih dulu, setelah itu hanya melihat dari punya teman saja. Berusahalah mengerjakan soal-soalnya walaupun cara pengerjaan dan hasilnya salah, daripada harus mengcopy saja dari teman. Karena kalau cuma mengcopy dari punya teman, apa yang kalian ngerti?
3.      Membuat Catatan Kecil
Luangkan waktu kalian sedikit untuk meringkas rumus-rumus atau materi-materi yang harus dipahami dalam catatan kecil. Jadi, dengan itu kalian akan lebih mudah mengerti dan memahami apa maksud dari soal-soal yang mau dikerjakan.
4.      Buat Cara Belajar jadi Menyenangkan
Setiap orang pasti mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Banyak orang belajar dengan menggunakan musik, ada yang bisa belajar ditempat yang ramai, ada yang bisa belajar ditempat yang harus sepi. Belajar Matematika itu gak harus pusing, cuma jika kalian yang sudah berpikiran itu rumit, maka akan rumit juga belajarnya sebelum memulai.
5.      Perbanyak Latihan Soal-Soal Matematika
Jangan hanya mengerjakan Pr saja, tetapi kerjakan soal matematka sebanyak mungkin. Makin banyak anda mengerjakan soal akan semakin lincah anda dalam menyelesaikan jawaban. Belajar matematika akan sangat efektif dengan latihan dan latihan dan latihan.
6.      Belajar Kelompok
Manfaatkan waktu untuk belajar kelompok, bertukar pikiran sangat penting dalam menyelesaikan soal matematika, karena kita seringkali melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, sehingga akan memudahkan kita untuk mengetahui setiap jalan keluar dari setiap soal matematika.
7.      Memahami Rumus, bukan Meghafal
Di beberapa pelajaran, kita akan lulus dan mendapat nilai baik dengan mengandalkan hafalan. Kita bisa menghafal nama, tanggal, bagian tubuh, dll. Namun matematika tidak bisa diselesaikan dengan baik dengan mengandalkan hafalan. Menghafal semua rumus adalah ide buruk. Pemahaman konsep adalah suatu hal yang mutlak bagi kita dalam belajar matematika. Kalau tidak paham konsep, dengan memegang semua buku yang ada di dunia, atau membawa catatan rumus, kita tetap tidak akan bisa menyelesaikan masalah matematika dengan baik.

Demikianlah beberapa tips untuk menguasai belajar matematika, jangan menyerah dengan mereka yang pintar tapi terus berjuang untuk menciptakan kepintaran ini pada kamu. Karena jenius tidak hanya dibawa dari lahir tetapi juga bisa diciptakan dan cara menciptakannya adalah dengan belajar giat dan penuh semangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika

Belajar Matematika Otodidak