Belajar Matematika Otodidak

Bagi sebagian besar orang belajar merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan disepanjang hidup nya. Belajar dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana dan kapan saja. Salah satu pembelajaran yang wajib dipelajari adalah matematika, mengapa demikian ? karena matematika merupakan ratu ilmu yakni semua ilmu pengetahuan lainnya selalu berdasar dari matematika, ilmu lainnya dapat berkembang dengan bantuan matematika.
Namun bagi sebagian orang belajar matematika adalah hal yang sulit dimengerti sehingga banyak yang malas dan merasa jenuh untuk mempelajari nya. Kemunculan angka dan rumus yang berhasil membuat banyak orang pusing, hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab banyak nya orang malas untuk mempelajarinya. Sebenarnya belajar matematika tidak sesulit yang dibayangkan oleh semua orang. Siapa saja bisa mempelajari materi ini, tidak peduli apakah seorang pelajar sekolah atau siapa saja yang ingin mendapatkan dasar matematika untuk kehidupannya.
Belajar matematika juga bisa dilakukan dengan sendiri. Ya belajar secara otodidak yakni belajar sendiri untuk akhirnya mampu menguasai keahlian tertentu. Meski terkesan individualistis dan menjauhi dari nilai sosial namun harus diakui metode belajar secara otodidak akan memberikan hasil yang sangat memuaskan walaupun tak semua orang akan mudah untuk menempuhnya. Kegiatan belajar secara otodidak menjadi sangat efektif dan bisa mengembangkan keterampilan yang kita miliki. Karena dalam belajar secara otodidak kita dituntut untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri.
Belajar matematika tidak dapat dipelajari dalam sekali waktu, untuk belajar matematika harus dilakukan secara berulang-ulang. Pembelajaran yang berulang-ulang dibutuhkan untuk mampu menguasai banyak materi yang tercangkup. Disini lah kelebihan belajar matematika secara otodidak, dapat mengulang materi kapanpun kita mau tanpa berbatas dan tidak bergantungan dengan orang lain.
Untuk belajar matematika secara otodidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni :
1. Komitmen yang tinggi
2. Membuang mindset yang sudah lapuk, yakni buang jauh-jauh pikiran bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dimengerti, anggap lah matematika sama seperti pelajaran lain yang bisa dipelajari dan dikuasai dengan mudah
3. Matematika untuk kehidupan sehari-hari, tanamkan mindset bahwa dengan mempelajari matematika dapat dengan mudah menyelesaikan banyak permasalahan seperti dalam menghitung uang, mempelajari logika hingga penerapan dalam pekerjaan
4. Mempelajari matematika tingkat dasar
5. Mempelajari matematika tingkat menengah dan atas
6. Meningkatkan pemahaman matematika
7. Mempelajari rumus dengan baik
8. Belajar dengan cara yang menyenangkan
9. Melatih konsentrasi
10. Memahami setiap istilah dan definisi
11. Mengaitkan banyak aspek dengan pelajaran matematika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika