Alat Peraga Matematika

Belajar merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap insan manusia agar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang-orang disekitar nya. Belajar yang sejatinya diperuntukan agar manusia mampu melakukan hal yang sebelumnya tidak diketahui ataupun tidak bisa dilakukan dapat dilakukan dimana dan kapan saja, namun sebaiknya harus dilakukan secara berkesinambungan dan sistematis. Arti nya belajar harus dilakukan secara terus menerus dan berurut mulai dari hal yang mudah hingga yang tersulit.
Salah satu hal yang harus dipelajari dari usia dini hingga usia dewasa adalah belajar matematika, matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki banyak peran di kehidupan sehari-hari. Hal pertama yang dipelajari di matematika adalah belajar berhitung hingga menyelesaikan masalah dikehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi matematika. Banyak cara untuk mempelajari matematika, mulai dengan membaca buku dan mempelajari secara otodidak maupun belajar secara berkelompok. Namun mempelajari matematika dengan kegiatan yang monoton akan menimbulkan kejenuhan, ditambah matematika merupakan pelajaran yang bisa di pahami dengan suasana yang baik dan memerlukan tingkat fokus yang tinggi, salah satu hal yang membantu dalam proses belajar matematika adalah dengan menggunakan alat peraga.
Alat peraga merupakan media yang biasa digunakan untuk mengambil alih fokus seseorang terhadap sesuatu yang dilihat sebelumnya. Dengan menggunakan alat peraga secara otomatis fokus seseorang dalam memahami matematika akan berpusat kepada alat peraga yang digunakan, pada saat proses memahami matematika dengan menggunakan alat peraga otak seseorang akan menerima respon serta merekam apa yang dilihat dengan mudah, itu dikarenakan alat peraga yang digunakan adalah hal yang lumrah di dalam kehidupan seseorang sehingga dengan demikian proses memahami sesuatu dengan alat peraga bukan merupakan hal yang asing bagi otak.
Alat peraga yang digunakan tentu berhubungan dengan materi yang akan di pelajari dan tentu tidak membahayakan pengguna nya, berikut adalah beberapa kelebihan belajar matematika dengan menggunakan alat peraga :
1.      Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
2.      Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
3.      Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan
4.      Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti : mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya
5.      Dapat menumbuhkan pemikiran yang berkesinambungan dan teratur
6.      Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain
7.      Menambah pengalaman belajar yang lebih sempurna
8.      Meningkatkan ketrampilan dalam menggunakan alat peraga
9.      Menumbuhkembangkan sikap disiplin, teliti, kerjasama dan bertanggungjawab
10.  Membentuk sikap mandiri dalam kegiatan observasi eksperimen dan penelitian
11.  Interaksi antara guru dan siswa maupun antar siswa lebih meningkat



Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau sekedar pelengkap, tetapi lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan  membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. Penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran harus dioptimalkan, dengan peragaan dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar. Dengan menggunakan alat peraga kita juga menjadi lebih aktif ketika sedang  belajar serta proses belajar pun menjadi lebih efektif, efesien dan hasilnya jauh lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Belajar Matematika Otodidak