Pengaplikasian Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok agar pelajaran tersebut dapat lebih mudah dipahami, diserap serta dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Metode yang digunakan biasa nya terdiri dari berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan karakter kelas serta bahan ajar yang akan di ajarkan.
Pada pembelajaran matematika ada beberapa jenis metode yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, dimana metode tersebut harus diaplikasikan sesuai dengan materi yang akan dipelajari. Tentu  nya metode yang digunakan harus jauh dari kata membosankan, terkadang sebagian guru menggunakan metode yang itu-itu saja, terkesan monoton dan hanya menjadikan siswa tersebut menjadi pasif di kelas. sebaiknya gunakan metode yang menjadikan siswa lebih aktif dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengeksplor daya imajinasi mereka, menjadikan proses pembelajaran tersebut menjadi dekat dengan kegiatan mereka sehari-hari.
Metode yang akan digunakan bukan lah metode yang sembarangan, metode tersebut harus memiliki beberapa syarat yang tentunya patut disebut layak diaplikasikan di kelas ataukah tidak, syarat dari penggunaan metode adalah sebagai berikut :
1.      Metode yang digunakan harus dapat membangkitkan motivasi siswa, minat atau gairah belajar.
2.       Metode belajar yang digunakan harus dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribadian siswa
3.      Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mewujudkan hasil karya nya.
4.      Dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi
5.      Dapat mendidik siswa dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi
6.      Dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang  baik dalam kehidupan sehari-hari
Beberapa jenis metode yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran adalah :
a.       Metode ceramah adalah suatu cara penyampaian materi matematika kepada peserta didik melalui komunikasi lisan oleh pendidik di dalam kelas. metode ini biasa diaplikasikan pada materi yang banyak memberikan informasi berupa definisi, pembuktian rumus.
b.      Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan memberikan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah. Salah satu pengaplikasiaan metode ekspositori pada pembelajaran dalil pythagoras tentang segitiga siku-siku, mungkin bentuk terakhir c2=b2+a2 sudah disajikan(belajar menerima), tetapi siswa memahami rumus itu selalu dikaitkan dengan sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku jadi ia belajar secara bermakna, siswa lain memahami memahami rumus c2=b2+a2 dari pencarian(belajar menemukan) kemudian ia menghafal tanpa dikaitkan dengan sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku maka jadinya ia belajar menghafal
c.       Metode demonstrasi adalah metode penyajian pembelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruang yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Biasa diaplikasikan pada penggunaan masalah atau soal-soal konkret atau yang ada dalam pikiran siswa
d.      Metode drill dan latihan adalah metode yang mengutamakan kemampuan untuk menghafal fakta-fakta matematika serta menyelesaikan persoalan dengan cepat dengan cepat. Metode drill dan latihan bisa di aplikasikan di seluruh materi pembelajaran salah satunya pada materu keliling dan luas segitiga
e.       Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Pengaplikasiannya pada seluruh materi pembelajaran dan dilakukan sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
f.       Metode Discovery adalah metode pembelajaran matematika dimana siswa dituntut untuk menemukan hal-hal yang baru seperti konsep, teorema, rumus, pola dan aturan matematika. Metode discovery diaplikasikan pada bangun ruang sisi lengkung.

Metode apapun yang akan digunakan sejatinya adalah metode yang baik dan bermanfaat bagi siapa saja dan yang lebih baik adalah menggunakan metode pembelajaran dengan bijak agar dapat terlaksana proses pembelajaran yang diharapkan dan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan

                                                                                                                  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika

Belajar Matematika Otodidak