Manfaat Matematika Bagi Kehidupan

Bagi sebagian orang terutama peserta didik matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami dan penyelesaiannya sulit diselesaikan, ditambah lagi guru yang mengajarkan memiliki sifat tempramental sehingga mereka menjadikan matematika sebagai pelajaran yang membosankan bahkan membenci dan malas untuk mempelajarinya. Menurut Iwan Pranoto munculnya anggapan siswa bahwa pelajaran matematika sulit karena disebabkan pada pengajaran yang lebih menekankan pada hafalan dan kecepatan berhitung, padahal matematika tak hanya menekankan pada hafalan dan kecepatan berhitung saja.
Sebenarnya kesulitan memahami matematika bukan disebabkan oleh sulitnya materi pelajaran namun karena cara pengajaran yang kurang disesuaikan dengan karakter belajar anak. Agar siswa lebih mudah memahami matematika tentu harus di sesuaikan dengan suasana yang lebih hidup, belajar dengan suasana yang lebih hidup menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan yang terpenting adalah mampu mengurangi tingkat kejenuhan siswa dan dengan membiarkan siswa mengembangkan kreativitas mereka masing-masing maka secara tidak langsung siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan memahami matematika. Untuk menciptakan suasana yang lebih hidup dapat dilakukan dengan beberapa modifikasi dari metode ataupun model-model pembelajaran yang sudah ada sebelumnya.
Dalam mengajarkan matematika, sebaiknya guru tidak menggunakan metode yang membuat siswa menjadi jenuh, gunakan lah metode belajar yang bervariasi dimana metode tersebut membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Ketika banyak siswa yang takut terhadap pelajaran matematika atau terlihat bosan maka seorang guru perlu melakukan sesuatu yang dapat membuat menjadikan pelajaran matematika itu menarik.
Belajar matematika harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak bisa lebih mudah memahami tanpa merasa kesulitan dan terpaksa. Langkah yang harus dilakukan adalah bagaimana siswa nyaman dalam pembelajaran, berikut adalah cara asyik belajar matematika
1.      Belajar di Alam Terbuka
Tidak selamanya pelajaran matematika dilakukan di dalam ruangan kelas, ada kalanya anak-anak harus di ajak keluar ruangan untuk belajar dengan cara yang lebih seru, salah satunya adalah menggunakan alam sekitar. Anak-anak bisa diajarkan cara berhitung dengan menggunakan objek yang ada disekitar sekolah misalnya daun-daun atau bunga, mereka bisa diajarkan operasi hitung pengurangan ataupun penjumlahan, mereka juga bisa melakukan transaksi pembelian dikantin. Hal-hal semacam ini lebih mendekatkan anak-anak pada penerapan matematika yang secara tidak langsunh juga meningkatkan kemampuan matematisnya.
2.      Menggunakan permainan
Permainan yang bisa dilakukan adalah permainan yang menyenangkan dan melibatkan seluruh anggota tubuh serta memacu anak untuk lebih tanggap dalam menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan matematika tanpa menimbulkan rasa jenuh. Permainan bisa dilakukan dengan permainan langsung misal berhitung dengan jari dan permainan yang dilakukan dengan alat peraga atau aplikasi yang terdapat pada komputer atau ponsel.

3.      Mempelajari trik-trik matematika
Trik dalam matematika bisa berupa bagaimana menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus, hingga menggunakan jembatan keledai untuk menghafalkan rumus-rumus yang panjang dan membingungkan.

Dengan sistem pembelajaran yang telah dimodifikasi dengan cara yang lebih menyenangkan selain dapat mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar dan  memahami matematika juga dapat menjadikan anak lebih bertanggung jawab, bertoleransi serta mampu bersosialisasi dengan baik,siswa pun tidak hanya sekedar menghafal yang suatu saat akan terlupakan tetapi menjadi lebih paham akan sebuah persoalan yang ada di dalam matematika, menjadikan matematika lebih dekat dengan kehidupan nya sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika

Belajar Matematika Otodidak