Pentingnya Guru Matematika


Jika sebagian orang ditanyai tentang pelajaran apa yang paling sulit dan yang paling mengerikan serta mata pelajaran apa yang paling tidak disukai ? maka jawaban mereka adalah matematika. Kebanyakan orang tidak menyukai mata pelajaran matematika karena disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama faktor materi yang sulit, karena matematika ilmu pasti dan banyak rumus yang harus dihafalkan. Hal itu terkadang membuat siswa kesulitan mengkaitkan dan menggunakan rumus satu dengan rumus lainnya. Faktor yang kedua, biasanya dari guru matematika itu sendiri.
Terkadang cara guru matematika mengajar atau menyampaikan ilmunya kebanyakan monoton dan cenderung membosankan. Apalagi siswa mempunyai pandangan bahwa guru matematika itu selalu killeer dan kalau mengajar sangat menegangkan. karena pada zaman kakek dan nenek sampai ayah dan ibu, guru matematika kalu mengajar sangat killer. Kalau siswa melakukan kesalahan sedikit langsung diberi hukuman. Hal itu yang membuat siswa sekarang, selalu berasumsi bahwa guru matematika kalau mengajar selain mebosankan juga killer.
Memang tidak semua cara guru matematika mengajar dengan menyenangkan, tetapi juga tidak semua guru matematika membosankan dan killer. Justru saya memilih jurusan matematika bahkan mengambil prodi pendidikan matematika karena terinspirasi dari guru matematika SMA. Sejak diajar beliau, saya mulai menyukai matematika. Padahal saya tidak terlalu menguasai pelajaran matematika itu sendiri. Tidak perlu mengajar matematika dengan cara memarahi siswanya, karena ilmu matematika itu abstrak. Hal tersebut tambah membuat siswa membenci mempelajari matematika. Apabila siswa tidak mengerti dengan apa yang kita sampaikan, itu berarti bukan salah sisw sepenuhnya. Karena orang mencari ilmu itu tidak pernah salah, justru orang yang menyampaikannya yang harus intropeksi diri. Mengapa siswanya tidak mengerti dengan apa yang disampaikannya.
Karena banyaknya asumsi siswa yang menyatakan matematika adalah ilmu yang paling membosankan, kita sebagai calon guru matematika harus merubah asumsi tersebut. Kita harus bisa menerapkan metode-metode yang sudah diajarkan pada saat menempuh perkuliahan. Dan mencari cara, bagaimana membuat pembelajaran matematika di kelas sangat menyenangkan. Sehingga siswa selalu menunggu waktunya pelajaran matematika yang kita ajarkan. Semoga kita yang menjadi calon guru matematika selalu bisa menerapkannya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika

Belajar Matematika Otodidak