Penerapan Aplikasi Matematika Dalam Ekonomi

Fungsi merupakan suatu hubungan matematis yang menyatakan hubungan ketergantungan ( hubungan fungsional ) antara satu variabel lainnya. Fungsi linear merupakan suatu fungsi yang tingkat perubahan nilainya selalu konstan. Hubungan antarvariabel dalam fungsi ini bersifat proporsional. Dituliskan sebagai :

                                   

Artinya, setiap perubahan independent variabel akan menyebabkan perubahan nilai fungsi yang relatif sama. Untuk menghitung koordinat titik – titik yang memenuhi persamaanya kemudian memindahkan pasangan – pasangan titik ke sistem koordinat ( sumbu silang ) dengan 2 cara yaitu sumbu horizontal ( absis ) x dan sumbu vertikal ( ordinat ) y. Dengan pembentukan fungsi linear maka dua titik membentuk sebuah garis, sebuah titik dan kemiringan membentuk sebuah garis lurus, penggal garis dan kemiringan membentuk sebuah garis lurus, serta dua benggal garis membentuk sebuah garis lurus.

Adapun bentuk fungsi yaitu :
·      Bentuk Eksplisit
Fungsi variabel bebas dan terikatnya terletak diruas yang bebeda sehingga dapat dengan jelas dibedakan. Contoh :
·       Bentuk Implisit
Fungsi yang variabel bebas dan terikatnya terletak diruas yang sama sehingga tidak mudah dibedakan. Contoh :

Fungsi linear adalah fungsi yang sering digunakan ahli ekonomi dan bisnis dalam menganalisis dan memecahkan masalah – masalah ekonomi dan bisnis dapat disederhanakan atau di terjemahkan kedalam model berbentuk linear. Beberapa penerapan fungsi linear dalam bidang ekonomi dan bisnis adalah :
·      Fungsi permintaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah produk yang diminta oleh onsumen dengan harga produk.
·      Fungsi penawaran menunjukkan hubungan antara jumlah produk yang ditawarkan oleh produsen untuk dijual dengan harga produk.
·      Keseimbangan pasar, suatu macam barang dikatakan berada dalam keseimbangan apabila jumlah barang yang diminta dipasar tersebut sma dengan jumlah barang yang ditawarkan.
·      Keseimbangan pasar dua macam produk
·      Pengaruh pajak dan subsidi terhadap keseimbangan pasar.
·      Fungsi biaya, adapun itu biaya total yang terdiri dari biaya variabel dan biaya tetap. Biaya variabel tergantung dari jumlah barang yang harus diproduksi sedangkan biaya tetap adalah nilai investasi awal yang tidak tergantung dari proses produksi jumlah barang yang akan dihasilkan, sehingga hasilnya konstan.
·      Fungsi pendapatan, dan analisis peluang.
·      Fungsi konsumsi dan tabungan.
·      Model penentuan pendapatan nasional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengaplikasikan Materi Phytagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Alat Peraga Matematika

Belajar Matematika Otodidak